Tradisi, Kirab Budaya Dan Bersih Desa Dukuhseti.

media suara kita
0

 



Pati-mediasuarakita.com - Warga Desa Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Mengadakan Sedekah Bumi Dan Bersih Desa.



Hari ini memeriahkan acara sedekah bumi Dan Bersih Desa,  Adapun arak-arakan dan Gunungan juga, acara tersebut. Disinilah adat Jawa yang tidak bisa di tinggalkan dan selalu dilaksanakan setiap satu tahun sekali.(3/6/23)


Selain  itu,  Kades  Dukuhseti  Ahmad Rifa'i saat  ditemui  Awak Media  berkata sedekah bumi ini  merupakan  ruwatan  untuk tolak balak dan supaya  masyarakat  gemah ripah loh jinawi terkait hasil bumi ini.



"Karena  saya  selaku  Kepala  Desa,  Maka tradisi  seperti  ini  tidak  akan  kami lupakan dan akan kami laksanakan setiap tahun dalam acara seperti ini,  Kami berharap, semoga masyarakat Desa Dukuhseti senantiasa dikaruniakan kesehatan, dijauhkan dari marabahaya serta diberikan murah rezeki dan apa yang dicita-citakan masyarakat dukuhseti dapat terwujud," ungkapnya.


Masih lanjut kades, kami berharap Desa Dukuhseti kedepannya semakin maju dan makmur masyarakat bisa bersatu guyub rukun kompak saling bersilaturahmi bersama warga masyarakat untuk memajukan desa ini.ungkapnya.



Sesudah arak-arakan  Pemerintah Desa, BPD, Bidan Desa, Perangkat Desa, Karang Taruna serta para tokoh dan masyarakat melaksanakan doa bersama di Makam Mbah Brojoseti Desa Dukuhseti.




Agar acara tersebut dapat berjalan lancar, maka semua elemen masyarakat dan Perangkat Desa serta Kades Dukuhseti ingin masyarakatnya mendapatkan kharomah dan jika ada yang bermasalah supaya diberikan murah sandang, pangan, dan mapan.


Untuk kegiatan sedekah bumi ini, ada turnamen bola volley, ada Jalan santai Dan senam sehat ada puluhan door price, hadiah utama satu unit sepeda gunung.


Acara sedekah bumi tersebut dilaksanakan pada hari ini, Sabtu Kliwon bulan apet dan hari ini Ada ketoprak satu hari satu malam.bertempat di lapangan dukuh desa dukuhseti, dan di tutup tanggal 6. Dukuhseti bersholawat.(rn/sk)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)