Yeti Kristianti, S.E M.M : Makna dari Tradisi Sedekah Laut Adalah Wujud Syukur Kehadirat Allah SWT

media suara kita
0



Pati-mediasuarakita.com - Sedekah laut yang menjadi kegiatan rutin setiap tahun dimaksudkan adalah memohon keselamatan untuk para pelaut atau nelayan yang mencari rejeki, sedangkan puncak festival sedekah laut sendiri diwarnai dengan berbagai hiburan terutama di desa Bajo dan di desa Bendar Kecamatan Juwana, Pati usai digelar minggu kemarin. 

Bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) komisi B Yeti Kristianti, sedekah laut adalah ungkapan rasa sujud syukur dari para nelayan yang selama ini mengais rejeki sesuai keahliannya.

Selain ungkapan rasa syukur kepada sang pencipta segala makhluknya itu, kata dia juga bentuk doa agar para nelayan dalam menjalankan usahanya diberi kesehatan dan keselamatan.(16/05/22)

“Acara Sedekah Laut ini dimaksudkan untuk keselamatan semua, terutama para nelayan yang melaut diberi kelancaran rezeki, tangkapan banyak dan memohon keselamatan bagi semua kru kapal,” ungkapnya.

Selanjutnya, dia menambahkan acara ini dalam rangka mewujudkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat rezekinya di laut.

Yeti anggota DPRD dari Fraksi Gerindra asal Bendar ini mengungkapkan bahwa sedekah laut kali ini berjalan dengan lancar. Di mana selama dua tahun ke belakang hanya dilaksanakan secara sederhana dan karena Covid-19 sudah menurun serta acara berlangsung dengan baik dan lancar.

Dalam kesempatan itu, pihaknya menjelaskan untuk acara sedekah laut di desa Bendar terdapat bermacam hiburan kesenian ketoprak, wayang, serta perlombaan antar RW untuk merekatkan kerukunan antar warga.

“Acara ini diharapkan menjadi budaya yang turun-temurun ke anak cucu supaya anak cucu kita tidak lupa dengan adat istiadat serta budaya,” pungkas Yeti.

Dan pada tahun ini dengan tradisi sedekah laut dapat memberikan makna yang hakiki, sesuai dengan adat budaya kepercayaan masing masing bahwa hakekat kehidupan ini adalah merawat alam dengan baik, karena sesungguh alam juga akan memberikan sesuatu rejeki yang melimpah jika kita mampu merawat dengan baik alam semesta ini.(msk)
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)