Pasukan Siaga, Kapolresta Pati dan PJ Bupati Lakukan Antisipasi Kebakaran Hutan

media suara kita
0

PATI-mediasuarakita.com -  Tiga Pilar pimpinan di Kabupaten Pati yaitu PJ Bupati Pati Henggar Budi Anggoro di dampingi Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama dan Dandim 0718 Pati Letkol Inf Catur Irawan memimpin langsung apel gelar pasukan dalam rangka kesiapsiagaan mencegah dan meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Pati. Kamis pagi (24/08/2023).


Selama acara apel gelar pasukan kesiapsiagaan Karhutla ini diikuti oleh Pleton TNI, Pleton Polresta Pati, Pleton Damkar, Pleton Pol PP, Pleton BPBD, serta pejabat utama Polresta Pati.


"Kemudian, PJ Bupati Pati mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta apel gelar pasukan Satuan Tugas (Satgas) penanganan kebakaran hutan dan lahan di Mapolresta Pati.


Henggar Budi Anggoro pun saat memberikan amanatnya menyebut bahwa tujuan apel gelar pasukan ini sebagai suatu bentuk kesiapsiagaan dari TNI-Polri dan pemerintah Kabupaten Pati beserta instansi terkait.


Adapun relawan yang ada di Kabupaten Pati ini memang untuk mengantisipasi dan menanggulangi jika terjadi kebakaran hutan dan lahan." ayo membangun komunikasi yang baik antar instansi, antar pimpinan maupun anggota.


Agar bisa mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kabupaten Pati dapat berjalan aman, kondusif dan tertib", kata PJ Bupati Pati dihadapan Awak Media.


"Untuk itu, PJ Bupati Pati menambahkan bahwa kebakaran hutan adalah tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab TNI-Polri maupun pemerintah daerah tetapi juga para relawan.


Akan tetapi juga menjadi tugas dan tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat hingga ke tingkat bawah."Saat ini wilayah Pati ada pada musim kemarau yang diprediksi akan lebih panjang, maka berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan". imbuh Henggar.


Dalam poin penting yang disampaikan Henggar Budi diantaranya Kepada seluruh personel TNI-Polri dan para relawan dengan didukung oleh pemerintah daerah Kabupaten Pati agar mempersiapkan mental maupun fisik yang prima dengan dilandasi moral serta disiplin kerja yang tinggi.


Sehingga, bila terjadi kebakaran hutan dan lahan di kabupaten Pati dapat dilaksanakan secara bersama-sama dengan cepat serta tepat dalam proses pemadaman.


Selain itu, diharapkan semua pihak mengajak semua tokoh dalam menangani Karhutla yang ada di wilayah Kabupaten Pati." seperti tokoh agama, tokoh masyarakat untuk ikut menjelaskan kepada masyarakat akan bahaya kebakaran hutan dan lahan serta bagi kesehatan juga sangat berdampak meupun ekonomi masyarakat bisa terganggu", ujar Pj. Bupati Pati.


Henggar Menegaskan Bila ada titik api sekecil apapun jangan biarkan api membesar, dan lakukan penegakan hukum bila ada yang dengan sengaja melakukan pembakaran, baik itu untuk kepentingan pribadi ataupun kepentingan tertentu.


Diakhir kegiatan dilaksanakan pengecekan ranmor dinas dan perlengkapan SAR oleh pejabat Bupati Pati, Kapolresta Pati, Dandim 0718 Pati dan tamu undangan", tutup Henggar.(rn/sk)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)