Sedekah Bumi Dan Bersih Desa, Desa Karangsari Cluwak, Melestarikan Budaya

media suara kita
0

 

Sedekah Bumi Desa Karangsari 

PATI-mediasuarakita.com -Desa Karangsari Gelar Sedekah Bumi, Warga masyarakat mengiring   Jembul ke balaidesa. Kegiatannya dimulai sejak kemarin dengan acara selamatan, doa bersama di punden desa setempat. Serta puncaknya ada iring-iringan jembul. (21/5/24)


Kepala Desa Karangsari, Asroruddin mengatakan warga masyarakat karangsari sangat antusias mengikuti acara ini selamatan desa dan sedekah bumi.

Bersih Desa Dan sedekah Bumi Desa Karangsari

"Perayaan sedekah bumi rutinitas kita lakukan setiap tahun sekali dibulan Apit yang dirayakan oleh semua masyarakat Desa Karangsari. Melaksanakan tradisi khas desa Karangsari harus kita lestarikan budaya," ungkapnya.


Kades karangsari menjelaskan. rangkaian acara sedekah bumi dimulai hari Senin (20/5) kemarin yaitu selamatan di dua punden desa setempat, ada tayuban dan makan bersama.

Uri Uri Adat Jawa Desa Karangsari

Lanjut." Kemudian dilanjutkan hari kedua ini yakni karnaval mengiring Jembul (gunungan hasil bumi) yang dilakukan oleh setiap dukuh. Sementara ada empat dukuh di Desa Karangsari, mulai Dukuh Cluwak, Gibing, Godang dan Dukuh Sayang. 


Jembul diarak dari masing-masing dukuh yang berisi berbagai hasil bumi seperti singkong, pisang, ketan, hingga sejumlah makanan buatan dari desa.


Menurutnya pelaksanaan sedekah bumi yang tiap tahun diperingati ini merupakan wujud rasa syukur kepada allah SWT, masyarakat atas hasil panen dari bumi yang melimpah. Mayoritas masyarakat Desa Karangsari berprofesi sebagai petani. Sedekah bumi sesuai namanya yaitu menyedakahkan hasil bumi.tuturnya(kades)


"Sedekah bumi ini merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah diberikan kelimpahan rejeki kepada kita semua khususnya warga Karangsari," ungkapnya. 


Harapanya kades."masyarakatnya karangsari bisa bersatu. Rukun, tentram dan damai, di beri kesehatan, kemakmuran, keselamatan dan rejeki yang melimpah, gemah ripah lohjinawi.turup kades(@rn/sk

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)