Sedekah Bumi Dan Bersih Desa, Desa Boloagung Kayen, Seni Dan Budaya Dilestarikan

media suara kita
0

 

Sedekah Bumi Dan Bersih Desa Boloagung

PATI-mediasuarakita.com -Desa boloagung, kecamatan kayen, kabupaten pati, mengadakan kirab budaya dengan acara sedekah bumi dan bersih desa, acara ini di laksanakan hari sabtu siang tanggal 1 juni 2024.Warga masyarakan desa boloagung berjalan kaki dengan mengiring  gunungan dan sound system di RTnya masing-masing.


Event yang dihelat di lapangan desa boloagung itu juga menyuguhkan tumpeng dengan gunungan dan berdo'a bersama-sama, setelah itu berisi aneka hasil bumi pertanian, yang di akhiri acara diperebutkan oleh ratusan warga masyarakat.(1/6/24).

Berdo'a Bersama Yang Dipimpin Mbah moden


“pemerintahan desa setempat yang hadir di tasyakuran dan gelar kirab budaya dalam rangka sedekah bumi Desa Boloagung nampak sangat meriah dengan kegiatan ini.


 Saat di wawancarai awak media suarakita.com . (Kades) Boloagung Sutrisno, sedekah bumi merupakan wujud refleksi menikmati rasa syukur kepada Allah Swt, atas apa yang sudah diberikan kepada allah SWT,  Ia berharap, dengan banyak bersyukur, Desa Boloagung terus semakin baik dan maju.(ucapnya)


Dalam kegiatan kirab budaya dihadiri Babin Kamtibmas,Polsek Kayen, Babinsa Koramil Kayen, Dari Puskesmas, BPD juga tokoh masyarakat, tokoh agama, anggota PKK, karang taruna, Rt, Rw, semua komunitas dan lingkungan ikut berbaur meramaikan pawai sedekah bumi desa boloagung tahun 2024.


 "Harapanya Kades desa boloagung, Dengan diadakannya sedekah bumi tahun ini untuk kedepannya desa boloagung bisa menjadi yang lebih baik lagi dan sedekah bumi ini bisa menjadikan gotong royong, guyup rukun membangun desa menuju sejahtera gemah ripah lohjinawi toto tentrem kertoraharjo harapan tahun ini, dan warga desa semua diberikan kesehatan keselamatan dan rejeki yang melimpah ruah.(tuturnya)


 “Pemerintah Desa Boloagung mudah-mudahan tetap istiqomah dalam melestarikan tradisi budaya lokal seperti sedekah bumi ini,”Imbuhnya.


Dihadapan warga Sutrisno menyampaikan, sedekah bumi dimaknai bersih desa agar terhindar dari segala marabahaya, dihindarkan dari kemaksiatan, serta diberi kenikmatan rezeki.

Royokan gunungan hasil bumi

“Selain itu, menjadikan warga tetap guyub rukun dan damai, sehingga Desa Boloagung makmur serta aman sentosa,”imbuhnya yang diamini oleh ratusan warga yang hadir.tutup sutresno.(@gibas).

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)